Untuk Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (DIKSI) Dari SMK Sunan Drajat Jember


Selamat Ulang Tahun Ke-1 Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (DIKSI) pada 27 Desember 2020.
 

Keberadaan Ditjen Pendidikan Vokasi sendiri bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yang membutuhkan tenaga-tenaga terampil yang ahli dibidangnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementeian Pendidikan dan Kebudayaan, disebutkan Ditjen Pendidikan Vokasi terdiri dari 5 unit yakni:

  • Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
  • Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi.
  • Direktorat Kursus dan Pelatihan.
  • Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 

Terdapat 10 fungsi dari Ditjen Pendidikan Vokasi, yaitu: 


  1. Perumusan kebijakan di bidang pendidikan vokasi, pendidikan kejuruan, dan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang penetapan standar dan penjaminan mutu peserta didik, sarana prasarana, dan tata kelola pendidikan vokasi, pendidikan kejuruan, dan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
  3. Pelaksanaan kebijakan penetapan standar dan penjaminan mutu dosen dan tenaga kependidikan pada pendidikan vokasi.
  4. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang peserta didik, sarana prasarana, dan tata kelola pendidikan kejuruan, dan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
  5. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang peserta didik, sarana prasarana, dan tata kelola pendidikan kejuruan, dan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
  6. Pelaksanaan kemitraan dan penyelarasan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.
  7. Perumusan pemberian izin penyelenggaraan perguruan tinggi vokasi swasta yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  8. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan vokasi, pendidikan kejuruan, dan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja.
  9. Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal
  10. Pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh menteri

 

Penyelarasan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri menjadi isu strategis, dikarenakan apa yang diajarkan di lembaga pendidikan tidak selaras dengan kebutuhan industri. Hal itu menyebabkan banyak lulusan pendidikan vokasi yang tidak terserap dunia industri yang berdampak pada meningkatnya angka pengangguran.

SMK Swasta Di Jember, SMKS Sunan Drajat Jember, Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Swasta, Sekolah Sunan Drajat, Sekolah Kejuruan Jember, Jawa Timur.